Minggu, Agustus 30, 2009

=><= APLIKASI SIMULASI =><=

Contoh Aplikasi Simulasi

1.    Simulasi terbang
2.    Simulasi sistem ekonomi makro
3.    Simulasi sistem perbankan
4.    Simulasi antrian layanan bank
5.    Simulasi game strategi pemasaran
6.    Simulasi perang
7.    Simulasi mobil
8.    Simulasi tata kota

*** Simulasi terbang
Berikut ini akan dibahas mengenai simulasi terbang.

Simulasi terbang merupakan penerapan teknologi simulasi pada wahana transportasi; khususnya pengembangan pesawat udara. Teknologi ini telah dikembangkan pada pesawat udara N250 dan CN235.

Teknologi simulasi terbukti merupakan metodologi yang handal, cost-effective untuk memenuhi kebutuhan prediksi dan investigasi karakteristik sistim dinamik. Namun demikian, kadar realitas (sense of realism) simulasi yang dihasilkan bergantung kepada representasi dan kompleksitas sistim simulator yang dipergunakan.

Kepesatan kemajuan inovasi sistim komputasi dan pemrosesan data; ditopang oleh perkembangan rekayasa sistim telah memposisikan teknologi simulasi dalam (memainkan) peran yang vital di bidang rancangbangun suatu produk industri (contoh : wahana transportasi) maupun pelatihan operasional wahana tsb.

Peran ini distimulir oleh kemampuan teknologi simulasi dalam mereproduksi karakteristik dinamik  atau menduplikasi perilaku sistim sesungguhnya dalam berbagai kondisi; termasuk situasi & kondisi yang bersifat kritikal. Sehingga teknologi simulasi mempunyai kontribusi yang signifikan dalam proses validasi rancang-bangun suatu produk/ wahana maupun dalam metodologi pendidikan & pelatihan personil/ operator produk/ wahana tsb.

Dalam program rancang-bangun pesawat udara misalnya; ditempuh suatu siklus pengembangan bertahap yang bersifat iteratif melibatkan berbagai sarana pengujian untuk melakukan validasi model (fisik, matematik) maupun pengujian prototipe sampai dengan program sertifikasi pesawat udara tsb.
Penjelasan lebih detail dapat dibaca disini.

Link yang berkaitan dengan Teknik Simulasi :
=> Materi Kuliah Teknik Simulasi
=> Materi PDF Teknik Simulasi
=> Blog tentang Teknik Simulasi
=> Wikipedia tentang Pengertian Simulasi
=> Simulasi & Pemodelan 

Blog dengan bahasan Teknik Simulasi :
=> http://karlinarachmasita.blogspot.com/
=> http://simulasi-niezz.blogspot.com/
=> http://sindyfebriantika.blogspot.com/

==========================================================================

0 ,, Komentar Dunkz ,,: